Recent Posts

Home » » Teknik Dasar Dalam Memotret

Teknik Dasar Dalam Memotret

Written By Tarzan Photo on Senin, 05 Maret 2012 | 12.12

Teknik Dasar Dalam Memotret - Teknik memotret yang baik dapat anda pelajari. Kesan bahwa teknik dalam memotret terasa sulit akan lenyap dengan seketika. Tentu saja, karena apapun yang dipelajari dengan tekun dan baik, maka itu akan menjadi mudah, begitupula dengan teknik dasar dalam memotret.

Kegiatan memotret bagi sebagian orang merupakan sebuah hobi. Kegemaran memotret bisa dijadikan lahan bisnis dan menghasilkan uang, terlebih jika teknik memotret sudah sangat dikuasai, sehingga hasil jepretan layak untuk “diuangkan”. Lihat saja para fotografer profesional. Kebanyakan dari mereka menjadikan hobi sebagai ladang usaha yang menguntungkan. Bagaimana dengan Anda?

Jangan khawatir, jika hobi memotret yang selama ini Anda geluti belum menghasilkan. Masih ada kesempatan untuk mewujudkan cita-cita Anda. Mungkin ini saat yang tepat bagi Anda untuk mendalami dan mengasah teknik memotret.

Menangkap fenomena gambar yang terjadi di sekitar kita dengan sebuah kamera pasti akan lebih menyenangkan daripada hanya merekamnya di ingatan. Berbagai teknik memotret pun pada akhirnya banyak diminati, baik oleh mereka yang muda maupun yang tua.

Dunia fotografi memang identik dengan mereka kaum muda. Namun, mempelajari teknik memotret yang baik dan benar sama sekali tidak mengenal batas usia. Semua usia bisa. Selama ada ketertarikan yang cukup besar pada dunia fotografi ini.

Benar saja, mempelajari teknik memotret tidak mengenal usia. Selama masih ada keinginan untuk belajar, maka hal itu menjadi mungkin. Jika Anda termasuk kelompok pemula dalam mengenal dunia fotografi, jangan pernah malu bertanya tentang bagaimana teknik memotret yang benar. Lalu  apa yang harus dilakukan oleh seorang pemula agar menghasilkan foto yang berkualitas dan bernilai estetis?

Kuncinya ada pada belajar. Dengan belajar, sesuai yang asing bagi kita pasti akan menjadi akrab. Begitupun dengan teknik memotret. Jangan takut untuk terus belajar. Semangat dan ketekunan pasti akan membawa Anda menjadi seorang yang ahli dalam teknik memotret.

Berikut ini kami akan memberikan penjelasan singkat mengenai pengenalan dan teknik  memotret yang masih dalam tahap dasar. Setelah menguasai teknik memotret dasar, kemungkinan untuk dapat menguasai teknik memotret selanjutnya pun akan lebih mudah.

Teknik Memotret Dasar

Setiap orang memiliki teknik tersendiri dalam melakukan pemotretan. Hal yang penting dalam teknik memotret adalah hasil gambar yang baik dan berkualitas. Pada dasarnya, gambar atau foto yang baik memiliki pencahayaan dan ketajaman gambar yang seimbang. Ketajaman gambar dihasilkan dari bidikan lensa yang fokus pada objek.

Untuk memfokuskan objek, ada kamera yang sudah disetel otomatis dan ada yang harus dilakukan secara manual. Ketajaman gambar dapat dilihat dari kejelasan gambar atau objek yang dibidik. Untuk pencahayaan disesuaikan dengan kondisi sekitar. Jika pencahayaan dirasa kurang, dapat dibandu dengan cahaya tambahan. Pintar mengatur fokus objek juga merupakan salah satu teknik memotret dasar.

1. Teknik Memotret Dasar - Kenali Kamera Anda Lebih Dulu


Teknik memotret yang paling dasar yang harus Anda ketahui adalah mengenali kamera Anda. Kemajuan teknologi yang begitu pesat membuat produsen kamera berlomba meningkatkan inovasi dan kualitas kamera. Kini, kamera jenis digital mulai digemari karena kepraktisannya.

Meskipun sudah cukup banyak, kamera jenis manual (menggunakan seluloid) masih lebih sering digunakan. Saran untuk pemula ketika akan memelajari teknik memotret sebaiknya gunakan kamera manual, karena di situ ada seni dan teknik memotret yang memerlukan keahlian tersendiri. Untuk pemula, penggunaan kamera digital sangat memudahkan pengguna untuk melakukan pengambilan gambar berulang-ulang, tetapi nantinya akan kesulitan jika teknik memotret sudah mencapai tahap lanjutan.

2. Teknik Memotret - Mengenal Fitur Kamera Lebih Dulu


a. Teknik Memotret - Flash


Biasanya dalam setiap kamera dilengkapi dengan perangkat ini. Lampu flash dapat membantu pengambilan gambar di ruang yang minim cahaya. Lampu flash dapat disetel pada posisi otomatis atau manual. Teknik memotret menggunakan flash ini nantinya akan memberikan efek berbeda pada gambar.

b. Teknik Memotret - White Balance

Fitur ini mengatur penyesuaian warna cahaya. Pilihan pada fitur ini beragam bergantung kondisi cuaca yang dihadapi. Pengaturannya bisa disesuaikan pada kondisi terang/siang, berawan, dan di bawah lampu neon. Fitur ini melengkapi semua kamera, dan siap membantu Anda dalam belajar memahami teknik memotret.

c. Teknik Memotret - Eksposure

Sebelum pengambilan gambar, Anda dapat menyetel tingkat kecerahan. Jika angka eksposure yang digunakan kurang dari 0, hasil gambar akan tampak lebih gelap. Sebaliknya, jika angka eksposure di atas 0, hasil gambar akan tambah cerah/terang. Perhatikan hal ini, karena nantinya akan memengaruhi teknik memotret yang Anda lakukan.

d. Teknik Memotret - Ukuran dan Dimensi Foto

Ukuran dan dimensi foto yang diinginkan dapat disesuaikan bergantung kapasitas resolusi pixel yang dimiliki kamera. Untuk menghasilkan gambar ukuran kecil, sebaiknya tidak menurunkan kapasitas pixel. Gunakan kapasitas pixel yang maksimal agar kualitas gambar saat dicetak lebih baik. Untuk mengubah ukuran, gunakan aplikasi pengolah foto seperti Adobe Photoshop. Teknik memotret nyatanya juga akrab dengan berbagai teknik aplikasi, dan Photoshop salah satunya.

e. Teknik Memotret - Fitur Anti Mata Merah


Fitur ini dapat mengatur agar gambar yang ambil tidak menghasilkan mata merah. Biasanya, hasil gambar pada saat memotret wajah sering menghasilkan mata merah. Fitur anti mata merah atau red eye mampu menghasilkan gambar tanpa adanya titik merah pada mata. Namun, jika pada kamera tidak ada fitur ini, dapat dilakukan pengeditan efek mata merah pada program aplikasi pengolah gambar seperti Acdsee atau sejenisnya.

Berbagai Teknik Memotret

1. Teknik Memotret di Dalam Ruangan (indoor)

Untuk pemotretan dalam ruangan, diperlukan tata cahaya yang memadai. Hal ini dikhawatirkan hasil jepretan kurang maksimal. Anda dapat melakukan teknik memotret dekat dengan arah sumber cahaya. Pemotretan dapat dibantu dengan menghidupkan lampu blitz.

2. Teknik Memotret di Luar Ruangan (outdoor)

Untuk pemotretan di luar ruangan, teknik memotret yang digunakan pun berbeda. Pastikan latar belakang yang digunakan tidak menimbulkan efek gerak. Misalnya, di jalanan yang banyak dilalui kendaraan. Usahakan latar yang dipilih adalah latar tidak bergerak agar hasil jepretan maksimal. Kondisi cahaya pun perlu diperhatikan. Sinar matahari pada waktu siang terlalu terik. Alangkah baiknya melakukan pemotretan pada waktu pagi atau sore karena pencahayaannya yang tidak terlalu terang.

3. Teknik Memotret Benda Bergerak

Untuk pemotretan benda yang bergerak disesuaikan dengan jenis kamera yang digunakan. Teknik memotret juga pasti berbeda. Mungkin pada kamera jenis kamera saku jarang ditemukan fitur untuk membidik objek yang bergerak. Pengambilan gambar dari objek yang bergerak dibutuhkan keahlian yang harus terus dilatih. Posisi tubuh harus santai dan dalam kondisi siap saat akan mengambil objek yang bergerak.

Misalnya, Anda akan memotret hewan seperti burung atau lebah. Lebih baik gunakan teknik memotret pada sekumpulan burung karena akan lebih banyak objek yang dipilih. Usahakan posisi tubuh berdiri tegak, tetapi tidak kaku.

Bidikkan kamera sejajar dengan arah datangnya burung dan ikuti pergerakannya dengan tetap memfokuskan objek. Teknik memotret objek yang bergerak memang tidak mudah. Oleh karena itu, diperlukan kesabaran dan latihan terus menerus agar terasah dengan baik. Namun, jika teknik memotret yang dilakukan benar, maka hasilnya pun akan memuaskan.

Sekian pembahasan tentang Teknik Dasar Dalam Memotret dari kami, semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber pengetahuan kita dalam hal fotografi.

Sumber : Tarzan Photo
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Tarzan Photo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger